Senin, 04 Mei 2015

Apa itu Ekowisata?

         Halo guys!!! Jadi hari ini aku mau ngomongin ekowisata. Kok aneh ya? Tiba-tiba ngomongin ekowisata, hehehe. Sebenarnya apa sih ekowisata? Adakah dampak positif dan negatifnya? Silahkan baca paragraf selanjutnya sebagai referensi pengetahuan, hehehe.



         Ekowisata merupakan jenis wisata yang paling murah karena hanya menjual “rasa” kepada wisatawan.Ekowisata pesisir dan laut merupakan bentuk wisata yang dikelola dengan pendekatan berkelanjutan dimana : (1) pengelolaan bentang alam diarahkan pada kelestarian sumberdaya pesisir dan laut, (2) Pengelolaan budaya masyarakat diarahkan pada kesejahteraan masyarakat pesisir, dan (3) kegiatan konservasi diarahkan pada upaya menjaga kelangsungan pemanfaatan sumberdaya pesisir untuk waktu kini dan masa mendatang.

Berbagai definisi ekowisata berkembang di dalam masyarakat antara lain:


  •           Ekowisata adalah suatu bentuk wisata yang menekankan tanggung jawab terhadap kelestarian alam, memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat setempat

  •           Ekowisata yaitu suatu bentuk perjalanan wisata ke area alami yang dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan dan kesejahteraan penduduk setempat

  •           Ekowisata yaitu perjalanan bertanggung jawab ke area alami dan bertualang yang dapat menciptakan industri pariwisata .

  •          Ekowisata adalah wisata berbasis alam dengan menyertakan aspek pendidikan dan interprestasi terhadap lingkungan alami dan budaya masyarakat dengan pengelolaan kelestarian ekologis



Kelebihan Ekowisata
  • 1. Peningkatan penghasilan dan devisa negara
  • 2. Tersedianya kesempatan kerja baru
  • 3. Berkembangnya usaha-usaha baru
  • 4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal
  • 5. Meningkatkatnya kesadaran masyarakat dan wisatawan tentang pentingnya konservasi sumberdaya alam
  • 6. Peningkatan partisipasi masyarakat
  • 7. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi






Manfaat lain dari kegiatan ekowisata dapat berupa:
·          Meningkatnya promosi penggunaan sumberdaya alam secara berkelanjutan
·          Berkurangnya ancaman terhadap keanekaragaman hayati yang ada di obyek wisata
·          Meningkatnya keuntungan langsung dan tidak langsung dari para stakeholders
·          Meningkatnya nilai ekonomi sumberdaya ekosistem
·          Meningkatnya upaya pelestarian lingkungan
·          Terbangunnya konstituensi untuk konservasi secara lokal ,nasional dan internasional

·         

 Kekurangan Ekowisata


          Perkembangan ekowisata bahari di Indonesia memberi banyak pengaruh terhadap manusia dan lingkungan. Salah satu pengaruh positif dari ekowisata ialah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal. Namun, tidak jarang ekowisata memberi dampak negatif bagi lingkungan. Contohnya ialah kerusakan ekosistem terumbu karang. Meskipun secara tidak langsung kerusakan ekosistem terumbu karang bukan disebabkan oleh ekowisata, namun praktek ekowisata yang tidak bijak juga dapat memberi dampak kerusakan ekosistem terumbu karang.



          Salah satu contoh kegiatan ekowisata bahari yang dapat merusak ekosistem terumbu karang ialah membuang jangkar kapal kearah terumbu karang. Praktek snorkling yang tidak benar juga dapat merusak terumbu karang. Kayuhan fin yang tidak benar dapat menyebabkan fin mematahkan karang. Selain itu juga banyak wisatawan yang menyentuh, bahkan mengambil biota secara sembarangan. Perilaku wisatawan yang membuang sampah secara sembarangan ke laut juga dapat merusak ekosistem terumbu karang. Apabila perilaku ekowisata yang tidak bijak masih dilakukan, baik secara sadar maupun tidak sadar, maka praktik ekowisata hanya akan merusak lingkungan. Untuk apa ada ekowisata jikalau ekosistem yang kita tunjukan rusak, iyakan?   Dampak negatif ekopariwisata bukan hanya dikemukakan dan dibuktikan oleh para ahli lingkungan tapi juga para budayawan, tokoh masyarakat dan pelaku bisnis pariwisata itu sendiri. Dampak berupa kerusakan lingkungan,terpengaruhnya budaya lokal secara tidak terkontrol, berkurangnya peranmasyarakat setempat dan persaingan bisnis yang mulai mengancam lingkungan,budaya dan ekonomi masyarakat setempat. Jadi sekarang kita harus menjaga alam kita menjadi lebih baik lagi agar dapat digunkan sebagai salah satu bisnis dari sektor pariwisatadengan cara tidak melakukan praktek ekowisata yang kurang bijak.



KEEP ON WRITING AND TYPING!!!! Hehehehe

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar