Jumat, 29 Juli 2016

8 Langkah Super Mengahadapi Ujian

   Halo! Kali ini aku aku akan membahas tentang 8 langkah super dan ampuh bagi kalian yang akan menghadapi ujian. Ujian dalam konteks ini bisa dalam bentuk ulangan harian, Ujian Nasional, SBMPTN, ujian masuk sekolah, dan lain-lain. Bagi yang mau sukses silahkan baca tips-tips berikut,


8 Langkah Super Menghadapi Ujian:




1. Tulis Target:

   Bagi kalian yang akan menghadapi ujian, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah tulis dan tetapkan target kalian. Mengapa? Jika kalian tidak mempunyai target dari ujian tersebut, maka kalian tidak akan punya terpacu dan tidak semangat dalam belajar untuk mengahadapi ujian tersebut.
2. Sesuaikan Tindakan:

   Jika kalian sudah menetapkan target maka langkah selanjutnya adalah sesuaikan target dengan tindakan. Maksudnya adalah, misal target kalian adalah masuk perguruan tinggi negeri, maka kalian sesuaikan target kalian dengan melakukan tindakan seperti mengikuti bimbel atau privat. Pastinya tindakan kalian akan berbeda-beda tergantung target kalian. Maka jika kalian sudah menetapkan target yang pas kalian juga harus melakukan tindakan yang pas juga.

3. Tetapkan langkah Awal:

   Kalian sudah mempersiapkan tindakan yang akan kalian lakukan, lalu langkah selanjutnya adalah tetapkan langkah. Tetapkanlah langkah awal dimana kalian akan memulai. Mulailah dengan hal-hal yang kecil namun dengan konsisten. Misalkan, kalian mempunyai rencana untuk melakukan bimbingan belajar, maka kalian harus menetapkan kapan waktu kalian akan memulai bimbingan belajar sebagai cara menetapkan langkah awal. Umpamanya seperti kalian akan memulai  sebuah lari maka kalian harus memulai dengan melewati garis start terlebih dahulu.


4. Tetapkan Batas Waktu:

   Setelah menetapkan langkah awal, kalian juga harus menetapkan batas waktu kalian juga. Tetapkanlah waktu yang kalian butuhkan untuk menyelesaikan langkah-langkah dalam menghadapi ujian tersebut. Semisalnya kalian memulai langkah awal dengan belajar materi per materi sendiri, maka kalian harus menetapkan waktu yang  kalian butuhkan untuk bisa memahami materi-materi tersebut. Menetapkan batasan waktu sebenarnya hampir sama dengan menetapkan target kalian.



5. Lakukan Dengan Sabar, Rajin, dan Konsisten

   Poin ini adalah salah satu poin penting dalam menggapai target yang sudah kalian rencanakan. Kuncinya adalah kalian harus bisa sabar dan terus semangat dalam menggapainnya. Jangan lupa untuk melakukannya dengan konsisten dan rajin. Tantangan besar juga terdapat pada poin ini seperti distraksi gadget, TV, dan hal-hal yang menyenangkan lainnya. Selam kalian masih ingin menggapai target kalian maka kalian harus bisa menahan godaan dari distraksi tersebut.

6. Iringi Usaha Dengan Doa

   Kalian sudah melakukan usaha yang terbaik, namun jangan lupa untuk berdoa. Seorang pepatah mengatakan bahwa usaha yang dilakukan tanpa doa adalah kosong dan doa tanpa melakukan usaha adalah sia-sia. Artinya apa? Semua usaha yang dilakukan tanpa doa tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Jika kalian ingin sukses ujian makan janganlupa berdoa agar kalian dipermudah dalama mengerjakannnya dan bisa mendapa hasil yang terbaik



7. Jagalah kesehatan

   Bagi kalian yang akan menghadapi ujian jangan lupa untuk menjaga kesehatan agar kalian bisa berpikir dengan baik dan konsentrasi kalian tetap terjaga. Banyak makan makanan yang mengandung vitamin dan protein serta jangan lupa untuk selalu minum air.

8. Abaikan Hal-Hal yang Mengganggu:

   Seperti yang dijelaskan pada poin nomor 5 bahwa tantangan terbesar adalah mengahadapi gangguan-gangguan yang menghalagi kalian untuk menggapai target kalian. Selalu berusaha untuk menghindari dan abaikan hal-hal yang mendistraksi pikiran kalian. Selalu percaya bahwa hasil yang kalian dapat dengan menghindari distraksi akan lebih bernilai daripada dengan kalian mengikutinya.
Selalu ingatlah bahwa kalian harus fokus pada target kalian

Sekian tips-tips kali ini!
SELAMAT MENCOBA!

KEEP ON WRITING AND TYPING




Tidak ada komentar:

Posting Komentar